Selasa, 15 Januari 2013

VERTIGO ??

 ApA ItU VeRTiGo ??

Perkataan VERTIGO berasal dari bahasa Yunani vertere yang membawa maksud memutar. Pengertian vertigo adalah sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh.
.
VERTIGO mungkin bukan hanya terdiri dari satu gejala pusing saja, melainkan kumpulan gejala atau sindrom yang terdiri dari gejala somatik (nistagmus, unstable), otonomik (pucat, peluh dingin, mual, muntah) dan pusing. VERTIGO (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa berpusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut tidak bergerak. Penderita ini tidak mampu berdiri atau bahkan terjatuh disebabkan oleh gangguan keseimbangan.

VERTIGO adalah keadaan pusing yang dirasakan luar biasa. Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif). Keseimbangan tubuh dikendalikan oleh otak kecil yang mendapat informasi mengenai posisi tubuh dari organ keseimbangan di telinga tengah dan mata. VERTIGO biasanya timbul akibat gangguan telinga tengah dan dalam atau gangguan penglihatan.

Gangguan pada otak kecil yang mengakibatkan vertigo jarang sekali ditemukan. VERTIGO terjadi bukan kerana faktor keturunan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan VERTIGO seperti akibat serangan migren (sakit kepala), radang pada leher, mabuk kenderaan, infeksi bakteria pada telinga dan kekurangan  oksigen ke otak. Beberapa jenis ubat, diketahui dapat menimbulkan radang kronik telinga dalam dan keadaan ini juga dapat menimbulkan VERTIGO. Gangguan ini boleh diatasi dengan menangani penyebabnya. Biasanya pemberian vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika dapat mengurangkan keluhan.

Ada beberapa jenis VERTIGO berdasarkan penyebabnya
  1. VERTIGO EPILEPTICA iaitu  rasa pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan epilespi
  2. VERTIGO LARYNGEA iaitu rasa pusing kerana serangan batuk, 
  3. VERTIGO NOCTURMA iaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur, 
  4. VERTIGO OCULARIS iaitu pusing kerana penyakit mata khususnya kerana kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata,
  5. VERTIGO ROTARIA iaitu rasa pusing seolah-olah semua di sekitar badan berpusing-pusing.


CARA PENCEGAHAN : 

Ketika Anda merasakan serangan vertigo, ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan :
  • Tarik napas dalam-dalam, kemudian pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
  • Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu anda ke toilet.
  • Ketika anda berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang atau hilang.
  • Buka mata perlahan lalu coba miringkan badan, atau kepala gerakkan kepala Anda dengan perlahan. Jika dengan tindakan ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
Anda boleh melakukan beberapa cadangan latihan seperti dibawah


Latihan CRT / Epley manouver 

7507a4-fig3

Keterangan Gambar :
Pertama posisi duduk, kepala menoleh ke kiri ( pada gangguan keseimbangan / vertigo telinga kiri )
(1) kemudian langsung tidur sampai kepala menggantung di pinggir tempat tidur 
(2) tunggu jika  masih terasa VERTIGO (berputar) sampai hilang, kemudian pusingkan kepala  ke arah kanan (sebaliknya) perlahan-lahan sampai muka menghadap ke lantai 
(3) tunggu sampai hilang rasa vertigo, kemudian duduk dengan kepala tetap pada posisi menoleh ke kanan dan kemudian ke arah lantai 
(4) masing-masing gerakan ditunggu lebih kurang 30 – 60 saat. Dapat dilakukan juga untuk sisi yang lain berulang kali sampai terasa vertigo hilang.


Untuk posisi Rolling / Barbeque maneuver, dilakukan dengan cara berguling sampai 360′, mula-mula posisi baring kepala menghadap ke atas, jika VERTIGO kiri, mulai berguling ke kiri (kepala dan badan) secara perlahan-lahan, jika timbul vertigo, berhenti dulu tapi jangan balik lagi sampai hilang. Setelah hilang proses berguling diteruskan, sampai akhirnya kembali ke posisi awal iaityu duduk.


Latihan Semont Liberatory :

9ff3

Keterangan Gambar :
Pertama posisi duduk (1), untuk gangguan VERTIGO telinga kanan, kepala menoleh ke kiri, kemudian langsung bergerak ke kanan sampai menyentuh tempat tidur (2) dengan posisi kepala tetap, tunggu sampai VERTIGO hilang. kemudian tanpa merubah posisi kepala berbalik arah ke sisi kiri (3), tunggu 30-60 saat baru kembali ke posisi semula.   Hal ini dapat dilakukan dari arah sebaliknya, berulang kali.



Latihan Brand-Darroff exercise :
nr551625
Keterangan Gambar :
Hampir sama dengan Semont Liberatory, hanya posisi kepala berbeza, pertama posisi duduk, arahkan kepala ke kiri, jatuhkan badan ke posisi kanan, kemudian balik posisi duduk, arahkan kepala ke kanan lalu jatuhkan badan ke sisi kiri, masing-masing gerakan ditunggu kira-kira 1 minit, dilakukan berulang kali, pertama cukup 1-2 kali kiri kanan, besoknya makin bertambah.
Mungkin ada yang bertanya, apasih gunanya gerakan kepala dan badan itu, mungkin kalau saya terangkan akan membuat kepala jadi mumet /vertigo, tapi itu adalah gerakan yang telah dilakukan penelitian dan telah berhasil.

Sebaiknya juga harus diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan penyebab vertigo / gangguan keseimbangannya.







Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Catat Ulasan